Pengertian Astragatra dan Aspek Aspeknya


ASTAGATRA 
KEADAAN DAN KEKAYAAN ALAM 

Astagatra merupakan gabungan dari aspek trigatra dan pancagatra yang mana antara keduanya terdapat hubungan yang bersifat timbal-balik dengan hubungan yang erat. Sebelum mempelajari lebih jauh tentang astagatra, kita perlu mengetahui tentang hakekat ketahanan Nasional. Hakekat ketahanan nasional adalah kemampuan dan ketangguhan suatu bangsa untuk dapat menjamin kelangsungan hidupnya menuju kejayaan bangsa dan negara. Konsepsi dasar ketahanan nasional adalah model astagatra yang merupakan perangkat hubungan bidang kehidupan manusia dan budaya yang berlangsung diatas bumi dengan memanfaatkan segala kekayaan alam yang dapat dicapai menggunakan kemampuannya.
Secara konseptual, ketahananan nasional suatu bangsa dilatarbelakangi oleh:
·         Kekuatan apa yang ada pada suatu bangsa dan negara sehingga ia mampu      mempertahankan kelangsungan hidupnya.
·         Kekuatan apa yang harus dimiliki oleh suatu bangsa dan negara sehingga ia selalu mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya, meskipun mengalami berbagai gangguan, hambatan dan ancaman baik dari dalam maupun dari luar.
·         Ketahanan atau kemampuan bangsa untuk tetap jaya, mengandung makna keteraturan (regular) dan stabilitas, yang didalamnya terkandung potensi untuk terjadinya perubahan (the stability idea of change).
Berdasarkan konsep pengertiannya maka yang dimaksud dengan ketahanan adalah suatu kekuatan yang membuat suatu bangsa dan negara dapat bertahan, kuat dalam menghadapi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan. Konsekuensinya suatu ketahanan harus disertai dengan keuletan, yaitu suatu usaha terus-menerus secara giat dan berkemauan keras menggunakan segala kemampuan dan kecakapan untuk mencapai tujuan dan cita-cita nasional. Identitas merupakan ciri khas suatu negara dilihat dari suatu totalitas, yaitu suatu negara yang dibatasi oleh wilayah, penduduk, sejarah pemerintahan dan tujuan nasionalnya, serta peranan yang dimainkan didunia internasional.
Konsepsi dasar ketahanan nasional adalah model astagatra yang merupakan perangkat hubungan bidang kehidupan manusia dan budaya yang berlangsung di atas bumi ini dengan memanfaatkan segala kekayaan alam yang dapat dicapai menggunakan kemampuannya. Dalam makalah ini, kita akan membahas tentang astagatra yang menyangkut tentang keadaan dan kekayaan alam Indonesia yang dapat menjadi aspek kehidupan nasional dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan Negara Indonesia.

Unsur-unsur kekuatan nasional di Indonesia diistilahakan dengan gatra dalam ketahanan nasional Indonesia. Sedangkan unsur-unsur kekuatan nasional Indonesia dikenal dengan nama Astagatra yang terdiri atas Trigatra dan Pancagatra.
·         Trigatra adalah aspek alamiah yang terdiri atas penduduk, sumber daya alam, dan wilayah.
·         Pancagatra adalah aspek sosial yang terdiri atas ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.
Unsur-unsur tersebut dianggap mempengaruhi negara dalam hal mengembangkan kekuatan nasionalnya untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang bersangkutan.
Dalam praktiknya kondisi ketahanan nasional dapat kita ketahui melalui pengamatan atas delapan gatra yang sudah disebutkan diatas. Sedangkan lemah/menurunnya tingkat ketahanan nasional akan menurunkan kemampuan bangsa dalam menghadapi ancaman kekuatan yang terjadi.
1.      Aspek Alamiah (tri-gatra) Aspek alamiah ketahanan nasional terdiri dari:
·         Letak geografis Negara.
·         Kekayaan alam.
·         Keadaan dan kemampuan penduduk.
Ø  Gatra Geografi
Sebagai Negara Kepulauan dengan laut pedalaman yang luas.
Secara Geografis berada pada posisi silang. Berperan dalam persoalan global positif maupun negatif.


Topografi
·         Banyak pulau
·         Perbandingan luas wilayah darat:laut = 2:3
·         Berbatasan dengan banyak negara
Ø Gatra Kekayaan Alam
·         Menurut Jenisnya:
Hewani, Nabati, Mineral, Tanah, Udara, Potensi ruang angkasa, Energi alami air dan lautan
·         Menurut Sifatnya:
Dapat diperbarui, tidak dapat diperbarui, dan tetap

Ø Gatra Kependudukan
Komposisi penduduk
·         Jumlah penduduk berubah-ubah dan terus bertambah
·         Susunan penduduk, pendekatan umur, kelamin, agama, suku, tingkat pendidikan yang berbeda-beda dan diperlukan untuk memperkuat kondisi ketahanan nasional
Persebaran
·                     Persebaran tidak merata, banyak di Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali
Kualitas
·                     Faktor fisik: kesehatan, gizi, dan kebugaran
·                     Faktor nonfisik: mentalitas dan intelektualitas
2.      Aspek sosial (panca-gatra) Aspek sosial ketahanan nasional terdiri dari:
·         Ideologi.
·         Politik.
·         Ekonomi.
·         Sosial budaya.
·         Pertahanan dan keamanan.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

CONTOH LAPORAN OBSERVASI MANAJEMEN SEKOLAH

COTOH LAPORAN OBSERVASI BIMBINGAN DAN KONSELING